Sabtu, 24 November 2012

Jenis Kamera dan Cara Memilih Kamera

JENIS-JENIS KAMERA

-Kamera Rangefinder (Rangefinder Camera)


  Kamera jenis ini berbntuk ringkas dan otomatis termasuk lampu kilatnya. Ciri-ciri dan kelemahan dari jenis kamera ini adalah adanya jendela pengamat (viewfinder-windows) yang ada diatas lensa kamera. Disini pemotret melihat subjek pemotret melalui jendela pengamat yang ada di atas lensa. Sedang film "melihat" subjek yang ada dibawah jendela pengamat. Sehingga ada perbedaan antara pandangan pemotret dan film yang merekam gambar. Perbedaan tersebut dinakan PARALAX.
- KAMERA SLR (Single Lensa Reflex Camera)
Perbedaan Pandangan atau PARALX tersebut tidak ada pada kamera SLR karena yang dilihat pemotret melalui pengamat (view-finder) adalah refleksi bayangan subjek yang melewati suatu lensa yang sama juga akan mengenai film. Jadi apa yang dilihat pemotret melalui view finder sama seperti apa yang dilihat film. Dengan demikian pemotret bisa lebih mudah untuk mengatur baik ketajaman (fokus) maupun komposisi gambar. Keunggulan dari kamera SLR adalah lensanya bisa di ganti-ganti sesuai keinginan pemotret.




Disini saya akan memberikan tips kepada anda untuk memilih kamera berserta aksesoris lainya seperti lensa, lampu kilat atau Flash, Filter, dan lain-lain.


Yang pertama saya akan menjelaskan bagaimana kita memilih kamera. Diantaranya adalah :
- Dimensi dan Fungsi
   Saat ini banyak sekali para pemula fotografi meminati kamera digital pocket (kamera saku) selain karena kepraktisannya, kamera tersebut memiliki ukuran yang ringkas. Kepraktisan yang dimaksud isina adalah dalam hal mode pemotretan yang serba otomasti (auto) dan fungsi perekaman video yang disukai. Pemotret tidak harus menentukan kecepatan rana atau diafragma. Jenis kamera ini menguntungkan jika anda dihadapkan pada kebiasaan memotret yang serba cepat atau untuk keperluan snapshots.


Selain itu juga ada jenis kamera SLR. Kepuasan berkreatif dengan pilihan lensa yang beragam dapat diterapkan pada kamera SLR. Dengan harga dibawah 7 jutaan, anda dapat memperoleh fleksibelitas optik dan lensa, aksesoris, kontrol pemotretan dan kualitas hasil foto yang lebih dari sekedar kamera saku. Kamera SLR memiliki banyak pilihan menu pemotretan yang lebih luas lagi serta rentang ISO dan White Balance yang lebih lebar lagi. Namun ada juga sebagian kamera SLR tidak dapat digunakan untuk merekam video. Dengan kamera SLR, pilihan untuk variasi lensa, lampu kilat, dan aksesoris lainnya jauh lebih banyak. Kamera SLR dirasa kurang praktis dalam hal dimensi yang besar serta kebutuhan lensa dan aksesoris yang banyak yang harus dipenuhi. Pemilihan Kamera SLR akan menguntungkan dari sisi ketahanan jangka panjang pemakaiannya dan nilai jual yang relatif lebih tinggi daripada jenis kamera lain.

- Kapasitas Resolusi
  Kapasitas pada Kamera biasanya sering dikenal dengan Megapiksel (MP). Kecepatan proses imej dan kecepatan sensor sudah mendukung kamera jenis saku hingga memiliki kapasitas resolusi hingga 8MP, dan kamera jenis SLR hingga 16MP. Semakin tinggi kapasitas resolusinya untuk kemampuan dan fitur yang sama, tentu harganya akan semakin mahal.

Selain melihat kapasitas resolusi, anda juga harus mengenali ukuran sensor. Pada kamera saku, ukuran sensor biasanya dinyatakan dengan inch contohnya 1/2,7" , 1/1,8" , 2/3". Sedangkan untuk kamera SLR, penggolongan ukuran sensor dibedakan dalam APS-C (ukuran sensor kurang lebih 23,7x15,7mm), APS-H (ukuran sensor kurang lebig 28,7x19,1mm), dan Full Frame (ukuran sensor sama dengan ukuran film 35mm yaitu 24x36mm). Khusus untuk kamera Olympus, menggunakan sistem Four Third (4/3), dengan ukuran sensor 17,4x13,1mm.

Ukuran dan kapasitas resolusi sensor memang tidak mutlat sebagai parameter kualitas suatu foto, melainkan harus dilihat dari sistem secara keseluruhan juga. Namun, dengan ukuran sensor dan kapasitas resolusi yang lebih besar Anda akan diuntungkan dengan hasil foto yang lebih tajam, akurasi warna dan gradasi yang lebih tinggi (dynamic range yang luas), dan tingkat noise foto semakin rendah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar